HALAMAN UTAMA > ALHIKMAH WANGI >    Bagian 4
 
 

 
 
 
 

   Bagian 4

   Jeruk Tangerin

(Tangerine, Citrus reticulata Blanco)

 Minyak Jeruk tangerin diperoleh dengan cara ekspresi kulit buah. Komponen kimia yang dikandungnya adalah limonena. Negara produsen utama yaitu Brazil dan Amerika Utara.

             Minyak jeruk tangerin sering kali digunakan untuk meringankan problem pencernaan, retensi air, dan penyumbatan pada system limfatik.

  

Jeruk Purut

(Citrus histryx D.C)

 Minyak jeruk purut diperoleh dengan cara distilasi daun maupun kulit buah. Komponen kimia yang dikandungnya adalah (+) sitronellal dan β-sitronelol. Minyak ini belum diproduksi dalam skala besar.

             Minyak jeruk purut mengandung senyawa aldehid yang sangat tinggi sehingga cocok sebagai antiinflamasi, antibakteri, dan mikroorganisme lainnya. Aromanya menyegarkan, membersihkan, melegakan, dan mengurangi peradangan saluran pernapasan.

  

Jinten

(Caraway, Carum carvi L.)

 Minyak Ekaliptus diperoleh dengan cara distilasi buah. Komponen kimia yang dikandungnya adalah karvona dan limonena. Negara produsen utama yaitu Amerika Utara.

 Minyak jinten membantu meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh, mengatasi gangguan pada usus, sangat bagus untuk menjaga kesehatan kulit, dan dapat menghilangkan memar. Sering kali minyak digunakan salah satu campuran dalam minumam pembangkit gairah seksual.

    

Jinten Manis

(Anise, Pimpinella anisum, L. sinonim: Anisum officinalis Moench.)

 Minyak jinten manis diperoleh dengan c